Jumat, 22 Juli 2011

Supporter-Supporter Klub Jawa Tengah (Part I)

Sepakbola tanpa suporter serasa sayur tanpa garam, itulah ungkapan yang sering kita dengar jika melihat gegap gempita sepabola. Sepakbola tidak bisa lepas dari yang namanya suporter, suporter adalah orang yang memberikan dukungan dalam arti aktif, aktif yang dimaksudkan adalah dengan meneriakan nyanyian atau yel-yel yang mendukung tim kesayangannya, serta dengan melakukan atraksi-atraksi yang unik dan menarik. Suporter berbeda dengan penonton, penonton diartikan sebagai orang yang menonton pertandingan, sehingga cenderung pasif.

Dan berikut adalah nama-nama Suporter yang berada di wilayah Jawa Tengah :

1. SABER MANIA (KABUPATEN BREBES)
SABER adalah sebuah wadah bagi para pendukung dan pecinta Persab Brebes untuk bershilaturahmi ataupun berbagi pengalaman, suka ataupun duka tentang perasaan para pendukung dan pecinta terhadap tim PERSAB BREBES.

Visi :  Dimanapun kita berada,PERSAB tetep di hati...
          SABER MANIA loyalitas tanpa batas...


Misi :  Dukung PERSAB tanpa rasis dan anarkisme....!

#Facebook : sabermania 

2. SKATERZ (KABUPATEN TEGAL)


SKATERZ adalah kelompok suporter independent klub Persekat Kabupaten Tegal, tim kebanggaan warga Kab. Tegal dan sekitarnya. SKATERZ dibentuk sebagai sebuah wadah untuk menyatukan suara dalam mendukung Laskar Ki Gede Sebayu.

Visi :  Dengan loyalitas tanpa batas, SKATERZ akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Persekat Kab. Tegal serta warga Kab. Tegal dan sekitarnya. Anti rasis, anti anarkis, just GOOD FOOTBALL FOR ALL!

Misi :1. Mendukung Persekat Kab. Tegal dimana saja dan kapan saja baik laga kandang maupun tandang.
        2. Menjadi kelompok suporter yang kreatif, atraktif, netral dan cinta damai.
        3. Berpartisipasi aktif dalam memajukan persepakbolaan nasional

#Facebook : Skaterz


3. BAHARI MANIA (KOTA TEGAL)

Bahari Mania merupakan organisasi Supporter yang berada di kota Tegal untuk mendukung tim kesayangan mereka PERSEGAL (kota Tegal).
Slogan : TEGAL IKU UMAHE AKU!!!
             INGET!AKU ASALE NENGKANA!!
             SEMANGAT KANGGO KEJAYAAN TEGAL!!!
             AJA NGAKU(URIP NENG TEGAL)SEDURUNG 

              NGOMONG 
             "TEGAL LAKA_LAKA"

#FacebookBahari Mania


4. SUPERMAN (KABUPATEN PEKALONGAN)

Superman merupakan wadah suporter Kabupaten Pekalongan untuk mendukung Persekap Kabupaten Pekalongan.  


 #facebook :Superman





5. KALONGMANIA (KOTA PEKALONGAN)


Kalongmania adalah komunitas pecinta PERSIP Kota Pekalongan. Mereka berada untuk membela, memdukung PERSIP Team kebanggan mereka.
Slogan :  APAPUN YANG TERJADI SAMPAI TUEK SAMPAI ELEK SAMPE MATEK KU TETAP MENDUKUNGMU " PERSIP PEKALONGAN"  

 #Facebook : Kalong Mania


6. ROBAN MANIA (KABUPATEN BATANG) 


Roban Mania Pendukung Setia PERSIBAT Batang berdiri Tahun 2004 di Bumi Alas Roban, dengan jumlah anggota 5.263 orang dan terdiri dari 20 Laskar, bermarkas di Stadion Moh. Sarengat Batang.

#Facebook : Roban Mania


7. THE BLACK MANIA (KABUPATEN KENDAL)

 KUMPULAN Seporter Sepak Bola fanatik yang berasal dari kabupaten kendal tak pernah berhenti mendukung team kesayangan mereka (PERSIK Kendal) dengan menamakan dirinya THE BLACK MANIA.

#Facebook : The Black Mania

 8. PANSER BIRU (KOTA SEMARANG)

Kelahiran Panser Biru pada 25 Maret 2001 lalu melalui proses yang panjang. Ketika PSIS menjadi juara di Liga Indoensia V, sebenarnya sudah banyak suporter Semarang dan sekitarnya yang setia mendukung Mahesa Jenar, namun saat itu belum terkoordinasi.
Seiring dengan terdegradasinya PSIS ke Divisi I, beberapa suporter berkeinginan membentuk suatu organisasi suporter pertama di Semarang yang terkoordinasi baik dan rapi. Karenanya 22 Oktober 2000 di Gedung Berlian, berkumpulah sekitar 15 suporter fanatik.
Akhirnya disepakati pada hari itu juga dibentuk Forum Peduli PSIS Semarang. Mereka kemudian melanjutkan dengan pertemuan pada 29 Oktober 2000 yang dihadiri sekitar 35 orang. Hingga pada akhirnya pada 5 November 2000 bertempat di GOR Trilomba Juang, terbentuklah nama Panser Biru yang berarti Pasukan Suporter Semarang Biru.

#Facebook : Panser Biru
#sumber      : Sejarah Panser Biru

9. SNEX (KOTA SEMARANG)

SNEX atau Suporter Semarang Extreme merupakan saudara muda dari Panser Biru.  Sejarah singkat SNEX
SneX berdiri diawali oleh terbentuknya Komunitas Arus Bawah Suporter Semarang (KABSS), yang saat itu merupakan bagian dari kelompok suporter yang telah ada. Melalui pertemuan KABSS pada tanggal 7 Maret 2005 di Balai Kelurahan Sambirejo, Gayamsari, yang diwarnai penjaringan nama yang ketat, disepakati terbentuknya kelompok supporter baru di kota Semarang, yang diberi nama SneX (Suporter Semarang Extreme). Pada fase berikutnya, pada tanggal 20 Maret 2005 SneX di deklarasikan, yang selanjutnya hari tersebut disepakati sebagai Hari Kelahiran SneX."

Slogan : selalu loyal terhadap team kebanggaan warga semarang dan sekitarnya.
             DIMANA KAU BERADA DISItu kaMi ADA KARNA KAMI SNex mania!!!!!!!!!!!!!!!
             SALAM REWO-REWO

#Facebook : Warkop Snex
#sumber      : sejarah Snex


10. SUPORTER MACAN MURIA (KABUPATEN KUDUS)

  SMM (Suporter Macan Muria) merupakan wadah komunikasi dan bersilaturahmi antar supporter kudus, mereka mendukung tim kebanggaan mereka yaitu PERSIKU Kudus. 
Slogan :SMM (Suporter Macan Muria)
            loyalitas tanpa batas,
            biru sejati tak pernah berhenti,
            PERSIKU sampai mati.
#FacebookSMM Kudus


11. BANASPATI (KABUPATEN JEPARA)

BANASPATI (Barisan Suporter Persijap Sejati) Mereka tanpa Tanpa kenal lelah, hujan , Panas serta meninggalkan semua pekerjaan, keluarga dan kepentingan lainya hanya demi Banaspati dan Persijap Jepara. Tanpa ada tendensi apapun hanya ada satu kata dukung persijap dengan penuh Ikhlas dan militan dengan mengedepankan sikap - sikap yang anti anarkis, mengedepankan jiwa persaudaraan, dan bersikap dewasa itulah tujuan awal dibentuknya Suporter BANASPATI dan yang selalu di doktrinkan kepada semua anggota.


#Facebook :Banaspati
                                                        #Sumber     : Sejarah Banaspati

12. JETMAN (KABUPATEN JEPARA)

Jepara Tifosi Mania atau lebih di kenal dengan nama JETMAN adalah saudara tua dari BANASPATI. Mereka bersama-sama mendukung tim kebanggaan mereka yaitu PERSIJAP Jepara


#Facebook :  JetMan


13. PATIFOSI MANIA (KABUPATEN PATI)

 PATIFOSI MANIA merupakan wadah pecinta team PERSIPA Pati.

# Facebook :  Patifosimania

 

 

14. GANSTER (KABUPATEN REMBANG)

Ganster (Gabungan Suporter Rembang) berdomisili di kabupaten rembang, mereka tak pernah berhenti untuk mendukung PSIR Rembang.

#Facebook :  Ganster


 

15. SAMINISTA (KABUPATEN BLORA) 

SAMINISTA adalah sebuah organisasi suporter pendukung Persikaba Blora. Sejarah pembentukanya didirikan oleh segerombol komunitas punk yang ada di Blora. Sebenarnya saat pertama kali pembentukan nama kami bukanlah SAMINISTA namun The Bloor. Namun nama tersebut kuranglah menarik dan diganti dengan SAMINISTA (nama yang identik dengan pahlawan yang berasal dari kota blora yankni SAMIN SURO SENTIKO).

Slogan :  SATU RASA, SEDULURAN UNTUK SEMUA
                                 
         #Facebook : Saminista
         #Sumber     :   sejarah Saminista


------------------------------------------------BERSAMBUNG---------------------------------------------

2 komentar:

  1. BUMI MANIA ( BUmen MIlitan Mania )

    Bumi mania adalah suporter pendukung PERSAK KEBUMEN
    #sangataso

    BalasHapus